Pemdes Napan Manfaatkan Dana 8 Persen Dari Pagu Dana Desa Untuk Pembagian Parcel Dan Edukasi PHBS

Napan
Penyampaian Materi Oleh Kepala Puskesmas Napan

Napan : Dalam upaya menyadarkan masyarakat terkait Virus Covid-19 Pemdes Napan mengandeng tenaga kesehatan Puskesmas Napan   menggelar kegiatan Edukasi tentang Covid-19 serta Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) bagi para lansia yang bertempat di aula kantor desa Napan ( Jumat 18/06/2021).

Menurut PJ. Kepala Desa Napan Marselus Siki  sumber dana dari kegiatan ini bersumber dari  Dana Desa  sesuai Peraturan Menteri Keuangan  No 17 Tahun 2021,  serta   instruksi Bupati TTU No 3 Tahun 2021 yang mana Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mendapatkan alokasi Delapan Persen dari Pagu Dana Desa. jadi total dana Delapan persen untuk desa napan sebanyak Enam Puluh Delapan Juta Tujuh Ratus Delapan Puluh Enam Ribu Empat Ratus Rupiah. Lebih rinci lagi Beliau merincikan pemanfaatan dana delapan persen yakni meliputi :

  1. Pengadaan Kotak sampah besar sebayak 10 buah
  2. Baliho, dan poster tentang himbauan sekaligus promosi PHBS
  3. Belanja bahan obat obatan untuk penyemprotan disinfectan
  4. Pembuatan Posko sekaligus pengganti Transport petugas piket posko
  5. Belanja Parcel Untuk 150 Kepala Keluarga
  6. Pengganti Transport untuk petugas penyemprot disinfectan
  7. Pengganti Transport Untuk Petugas Penyuluh PHBS
  8. Edukasi dan sosialisasi Pencegahan Covid 19 dan PHBS

Kegiatan ini melibatkan tenaga kesehatan dari puskesmas Napan diantaranya Kepala Puskesmas Napan Bapak Yosep Anapah, Para Bidan dan Perawat yang sekaligus sebagai narasumber kegiatan PHBS.

Napan
Penyampaian Materi PHBS Oleh Tenaga Kesehatan Dari Puskesmas Napan

Dalam kegiatan tersebut Yosep Anapah  mengatakan “untuk memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19. Beberapa cara efektif yang dapat dilakukan yakni social distancing, isolasi mandiri, serta penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) “. Perilaku hidup bersih dan sehat yang dapat diterapkan yakni dengan membiasakan diri mencuci tangan, setiap sebelum dan sesudah beraktivitas. Mencuci tangan dilakukan pada air mengalir dan dengan menggunakan sabun “.

“Kita berharap semua warga menerapkan 5M, memakai masker jika ingin bepergian, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilisasi dan interaksi dan mengkonsumsi makan makanan yang bergizi,” Ungkap Bapak Yosep Anapah.

Napan
Peyerahan Parcel Secara Simbolis Oleh Kepala Desa Napan

Pada akhir kegiatan ini juga langsung diadakan penyerahan parcel kepada 150 kepala keluarga, Pemberian parcel kali ini disambut baik oleh para penerima manfaat.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*