Pemdes Napan Gelar Musdes-Sus Perubahan Anggaran Tahun 2020 Serta Validasi Data KK Penerima BLT

napan
Peserta Musdes Khusus Perubahan Anggaran Tahun 2020

Bertempat di kantor Desa Napan, Kecamatan Bikomi Utara Kabupaten Timor Tengah Utara. Senin, (04/05/2020). Pemerintah Desa Napan  bersama  BPD Melaksanakan Musyawarah Desa Khusus Perubahan APBDes 2020.Penjabat  Kepala Desa Napan Marselus Siki  mengatakan bahwa terjadinya perubahan APBDes ini karena adanya pandemi virus covid-19.

“Musdes Khusus APBDes Perubahan Tahun 2020 dilakukan dalam rangka menindaklajuti Permendesa dimana didalamnya desa diharuskan melakukan rekofusing anggaran untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT)  Dana Desa 2020  untuk Desa Napan sendiri Dana untuk BLT sebesar 30% dari total pagu Dana Desa yang sudah ditetapkan yaitu senilai Tiga Ratus Juta Sembilan Ratus Dua Belas Ribu Enam Ratus Rupiah serta jumlah penerima BLT untuk Desa Napan 159  KK namun bisa saja berkurang karena ada kurang lebih Tiga Puluh Tiga Kepala Keluarga yang sudah didata oleh Dinas Sosial Kab. TTU dan akan mendapat serupa ,”terangnya.

Lebih Lanjut kata Pj Kepala Desa Napan mengatakan, BLT ini akan menyasar pada warga miskin yang tidak tercatat sebagai Penerima Bantuan PKH dan BPNT . “Besaran dana BLT ini adalah Rp.600.000 per KK, selama 3 bulan.  Mengenai cara penyaluran apakah akan ditransfer atau langsung diberikan secara tunai  kita tunggu saja petunjuk dari Pemerintah Kabupaten,” jelasnya.

“Sesuai keputusan yang diambil dalam musdes-sus anggaran dana desa dipergunakan dengan menentukan warga yang mendapatkan bantuan BLT tepat sasaran dan diutamakan warga yang belum dapat bantuan PKH karena BLT ini merupakan sifat sementara dari dana desa dari efek penanganan dan pencegahan pendemi covid 19 ini,” Unkap Ketua BPD Desa Napan Maximus Siki.

Lanjut Maxi Musdes-Sus ini untuk Perubahan APBDes sekaligus validasi keluarga penerima BLT, “Kita kan sudah pencairan Dana Tahap I ADD Maupun DD Jadi secara otomatis anggaran kita akan berubah kegiatan apa yang akan kita Potong untuk Dana BLT dan kita sudah membahasnya dalam Musdes- Sus Tadi” Jelasnya

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan