Peduli Kebersihan Lingkungan Muda – Mudi Desa Napan Lakukan Kerja Bakti

Kerja Bakti
Pose Bersama Para Muda Mudi Desa Napan di Oepoto Setelah Melakukan Kerja Bakti.
Kerja Bakti
Tampak Para Pemuda Sedang Membersihkan Ranting yang menunutupi Bahu Jalan

napan.desa.id, napan 24/01/2020: Sejatinya pemuda merupakan kunci kemajuan desa. Dengan semangat muda dan ide-ide segarnya setiap desa mampu bersaing dengan perkembangan zaman.Gerakan pemuda desa dapat dilakukan mulai dari hal yang mendasar seperti kepedulian atas kebersihan Desa.

Puluhan pemuda Desa Napan, Kecamatan Bikomi Utara,  yang tergabung dalam Orang Muda Katolik ( OMK ) melakukan kerja bakti, Jumat (24/1/2020).

Kerja bakti tersebut rutin dilaksanakan setiap Jumat di waktu Sore  hari mengingat kebanyakan Pemuda masih berstatus sebagai Pelajar. Ungkap  Ketua OMK Napan “Yakobus Siki”. Pada Jumat ini, fokus kita di sepanjang ruas jalan Menuju kantor Camat dan Puskesmas karena ini kan musim hujan sehingga ranting – ranting pohon sebagian menutupi jalan dan itu bisa membahayakan para pengguna jalan.   Selain itu Gereja  juga tak luput dari perhatian karang taruna/Orang Muda Katolik.

Kerja Bakti
Canda Tawa Juga Mewarnai Aktifitas Mereka

Menurut Kobus, Ketua Karang Taruna /OMK Napan , kegiatan kerja bakti oleh pemuda-pemudi ini tidak hanya  akan dilakukan rutin setiap Hari Jumat dan waktu yang kita pilih dengan sore hari mengingat kebanyakan pemuda adalah pelajar SMP dan SMA serta Anak – Anak Ojek . Dalam setiap kali pertemuan untuk melakukan kerja bakti,setiap anggota diwajibkan untuk mengumpulkan iuran sebesar Seribu Rupiah Per Minggu, dan dari iuran tersebut bisa kita gunakan untuk biaya Konsumsi dan transportasi jika ada kegiatan kepemudaan di luar Desa Sambung Yakobus,yang baru saja terpilih menjadi ketua OMK Atau Karang Taruna Desa Napan Bulan Januari 2020.

Ketua RT 001″Paulus Siki ” turut memberi apresiasi menurutnya ini merupakan bukti kegiatan positif yang dilakukan oleh pemuda. Paulus pun berharap tidak hanya pemuda tetapi bapak ibu warga masyarakat di kampungnya juga dapat ikut berperan dalam kegiatan ini.

Kerja Bakti
Pose Bersama Para Muda Mudi Desa Napan di Oepoto Setelah Melakukan Kerja Bakti.

Yance Oki, salah satu pemuda menjelaskan kegiatan seperti ini harus rutin dilaksanakan mengingat kebersihan di lingkungan Desa Napan  adalah tanggungjawab semua kalangan. Menurutnya, ini merupakan usaha yang bagus pula karena diawali dari pihak kepemudaan, jadi semakin terlihat nyata kegiatan pemuda di masyarakat.

“Kesan masyarakat kan kita selama ini bahawa pemuda  hanya berkumpul dan mabuk – mabukan atau membuat onar tetapi ada kegiatan positifnya, yaitu tentang kepedulian lingkungan,” pungkasnya. (*)

Foto &Liputan : Eko Erdy

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan