Musrenbang RKPD Kecamatan Bikomi Utara Tahun 2019 “Bukan Sekedar Ritual Tahunan”

napan
Sambutan Asisten II Pembangunan

 

napan
Sambutan Asisten II Pembangunan Kab TTU

Pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten di Kecamatan merupakan forum musyawarah antar para pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam Daftar Usulan Rencana Kegiatan Pembangunan Desa yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah kabupaten di wilayah kecamatan.

Bertempat di Aula kantor Camat Bikomi Utara (Selasa 12/02/2019), Musrenbang Kecamatan pada penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Timor Tengah Utara.kegiatan tersebut dihadiri oleh utusan dari semua  OPD Se Kabupaten Timor Tengah Utara,Asisten II Bidang Pembangunan ,Kapospol Napan,Pamtas RI-RDTL, Tiga Orang Anggota DPRD Dapil I,dan perwakilan dari sembilan Desa yang masing masing desa Mengutus lima orang peserta.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Asisten II Bidang Pembangunan (Roby Nahas), mewakili Bupati Timor Tengah Utara.Dalam Sambutannya  Beliau mengatakan Musrenbang bukan hanya sekedar sebagai Ritual tahunan agar kita terlihat mentaati asas namun memiliki makna strategis  atau sebagai wadah yang disediakan oleh pemerintah guna membahas dan menyepakati usulan -usulan dari tingkat desa yang tidak diakomodir serta mengidentifikasi setiap permasalahan yang ada di Desa.Perencanaan yang baik merupakan awal yang baik untuk sebuah proses pembangunan.

Napan
Sambutan Kegiatan Musrenbang Kecamatan Bikomi Utara Oleh Bapak Asisten II Bidang Pembangunan TTU

Tujuan penyelenggaraan musrenbang RKPD Kabupaten di Kecamatan antara lain:

  1. Membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan desa yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang bersangkutan;
  2. Membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan desa; dan
  3. Menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi Perangkat Daerah kabupaten.

Hasil Musyawarah Rencana Pembangunan Rencana Kerja (Musrenbang) Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Timor Tengah Utara  Di Kecamatan Tahun 2019 dijadikan sebagai bahan masukan dalam penyusunan rancangan Renja Perangkat Daerah. Adapun Usulan yang menjadi perioritas Kecamatan Bikomi Utara  antara Lain:

  1. Pembangunan jalan dan Jembatan Dari Desa Banain Ke Desa Banain B Kurang Lebih 2 km
  2. Pembangunan Jalan Ke Lokasi sekolah SMA Negri Bikomi Utara Sepanjang 700 m
  3. Pengadaan Hand Traktor Sebanyak 7 Unit
  4. Pembuatan Rumah Layak Huni Bagi masyarakat Yan tersebar di Sembilan Desa
  5. Pengaspalan Jalan Menuju Kantor Camat
Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan