DINAS PMD T T U GELAR PELATIHAN PENGELOLAAN KEUANGAN DESA BERBASIS APLIKASI (SISKEUDes)

Napan
Sekretaris DPMD(Tengah) Bersama Narasumber Dari BPKP Provinsi NTT
napan
Foto Bersama Peserta Pelatihan SISKEUDES&Narasumber Serta DPMD

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Timor Tengah Utara gelar Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Keuangan Desa (SISKEUDES) Selama Tiga hari  (Rabu 19 September s/d Jumat 21 September ) bertempat di hotel Grand Royal Kefamenanu. Kegiatan tersebut dibuka oleh Sekretaris DPMD  Kab TTU  Juventus Kabelen,S.E. Peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut sebanyak 40 orangterdiri dari Bendahara beserta Operator/Sekdes,masing masing Kecamatan diwakili oleh satu Desa yang terdiri dari dua orang. Narasumber atau pemateri berasal dari BPKP prvinsi Nusa Tenggara Timur.

Dalam SambutanNya Sekretaris DPMD Menyatakan, Pengelolaan keuangan desa perlu menjadi perhatian  penting  bagi aparat  pemerintah  desa, mengingat  pendapatan  desa  untuk  setiap  Desa di Kabupaten Timor Tengah Utara  dalam tahun anggaran 2018 yang bersumber dari dana desa dan ADD cukup besar. Bahkan untuk dana desa dari APBN  setiap tahun mengalami peningkatan. Berdasarkan data yang ada total pendapatan desa untuk setiap desa di Kabupaten TTU  tahun anggaran 2018 rata-rata sudah  diatas 1 milyar rupiah.

Lebih lanjut beliau menambahkan anggaran yang besar ini disamping  sebagai berkah bagi desa,  sekaligus juga merupakan tantangan bagi pemerintah Desa terutama    dalam hal penggunaan dan pertanggung jawabannya. Untuk itu dalam rangka pengelolaan keuangan desa secara  transparan, akuntabel, partisipatif, serta dilaksanakan dengan tertib dan disiplin anggaran. Melalui aplikasi sistem informasi keuangan desa ( siskeudes ) yang bertujuan agar aparat pemerintah desa mendapat kemudahan saat melakukan semua tahapan  pengelolaan keuangan desa sesuai ketentuan yang berlaku.

Napan
Sekretaris DPMD(Tengah) Bersama Narasumber Dari BPKP Provinsi NTT

Harapannya  kepada seluruh peserta pelatihan agar dapat mengikuti kegiatan ini secara serius dan sungguh-sungguh agar terampil menggunakan aplikasi siskeudes  sehingga pengelolaan keuangan desa ditahun 2018 dapat terlaksana sesuai ketentuan yang berlaku. Juga melalui pelatihan ini diharapkan dapat mengasilkan   dokumen rpjmdesa, rkpdesa dan  apbdesa tahun anggaran 2019  dalam bentuk aplikasi siskeudes.

Output yang diharapkan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah :

  1. Peserta Pelatihan memahami cara Instalasi Aplikasi Siskeudes.
  2. Peserta Pelatihan memahami cara Perencanaan Keuangan Desa.
  3. Peserta Pelatihan memahami cara Penganggaran Keuangan Desa.
  4. Peserta Pelatihan memahami Penata Usahaan Keuangan Desa.
  5. Peserta Pelatihan memahami Pembukuan Keuangan Desa.
  6. Peserta Pelatihan memahami tentang perpajakan.
  7. Peserta Pelatihan memahami tentang Pengawasan Keuangan Desa.
  8. Peserta Pelatihan memahami tentang Pengadaan Barang/Jasa di Desa.
  9. Peserta Pelatihan memahami tentang kebijakan Pengelolaan dan Kebijakan Penyaluran Dana Desa.

Adapun untuk pelaksanakan Pelatihan dibiayai oleh dana APBD Tahun 2017 melalui Dinas PMD Kabupaten TTU.

Facebook Comments

4 Comments

Tinggalkan Balasan