PRAKTEK KERJA MAHASISWA UNIMOR DI DESA NAPAN

Napan
Mahasiswa Unimor sedang melakukan pembenahan Administrasi di desa Napan
Napan
Mahasiswa Unimor sedang melakukan pembenahan Administrasi di desa Napan

Desa Napan menerima Mahasiswa PKM Universitas Negeri Timor (UNIMOR) Rabu 25 Juli 2018,Sebanyak Delapan Orang.Kegiatan PKM yang akan berlangsung selama kurang lebih satu bulan diharapkan dapat memberikan kontribusi yang baik bagi pemerintahan Khususnya pengelolaan Administrasi skala Desa.Ungkap Sekdes Napan Marselus Siki dalam Sambutan Peneriamaan Mahasiswa PKM UNIMOR.

Mahasiswa merupakan kaum intelektual yang berperan aktif untuk membangun daerah baik daerah propinsi, kabupaten, kecamatan, desa dan Desa. Sehingga bisa mendorong dan  meningkatkan suatu perubahan pembanggunan daerah.

Dalam upaya pembanggunan yang sudah diprogramkan atau direncanakan oleh pemerintahan daerah maka Universitas Timor (UNIMOR) Kefamenanu sebagai lembaga pendidikan  tinggi yang berasaskan kemampuan akademik dan profesinalisme ikut partisispasi dalam memberikan kontribusi yang berarti untuk pembangunan daerah yang merupakan manifestasi “TRIDARMA PERGURUAN TINGGI” yang salah satunya adalah kegiataan pekan pengabdian masyarakat yang diwujudkan melalui kegiatan Praktek Kerja Mahasiswa(PKM).

Melalui kegiatan (PKM) mahasiswa dituntut untuk membawa misi UNIVERSITAS NEGERI TIMOR, sebagai salah satu lembaga yang dapat menerapkan dan mensosialisasikan berbagai disiplin ilmu kepada masyarakat. Disamping itu juga mahasiswa dapat belajar dari pengalaman yang didapatkan dalam Praktek Kerja Mahasiswa  untuk mengmbangkan dan meningkatkan kemampuan Akademik Mahasiswa,dan merupakan kegiatan Mahasiswa yang bersifat intrakurikuler,serta berlandaskan pada disiplin ilmu yang memiliki kepekaan terhadap berbagai permasalahan di dunia kerja sebagai pengaplikasian konsep dan teori yang relevan dengan kondisi dan sistem dunia kerja

napan
Penyusunana SPPT Bersama Para PKM unimor Bersama Aparatur Desa

 PKM merupakan mata kuliah wajib yang harus dipenuhi oleh mahasiswa untuk dapat memperoleh gelar Sarjana (S1) pada sebagian perguruan tinggi, salah satunya adalah Universitas Negeri Timor (UNIMOR). Pelaksanaan PKM  merupakan penjabaran dari Tridarma Perguruan Tinggi Yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Salah satu program PKM  yang diadakan oleh Universitas Negeri Timor   yang berbasis masyarakat yang dilaksanakan di desa-desa Maupun OPD. Sasaran utama adalah masyarakat dan pemerintah desa atau Desa  setempat.

Salah satu lokasi PKM  Universitas Negeri Timor yang dilaksanakan pada periode semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 yaitu di Desa Napan, Kecamatan Bikomi Utara. Kegiatan PKM  ini diharapkan dapat memberikan Kontribusi dalam menjawab persoalan yang dihadapi oleh masyarakat Desa Sasaran. Masalah yang dihadapi baik itu sosial budaya, ekonomi politik maupun administrasi. Selain itu dapat membantu pelaksanaan program Desa dan mendampingi penyusunan serta membantu pelaksanaan program pembangunan.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan