Diklat Selama Dua Hari Banyak Bendahara Desa Belum Pahami Aplikasi SISKEUDES

Napan
Para Bendahara Desa Lagi Serius Mengikuti Pelatihan Aplikasi Siskeudes
Napan
Para Bendahara Desa Lagi Serius Mengikuti Pelatihan Aplikasi Siskeudes

Perwakilan BPKP Provinsi Nusa Tenggara Timur Bersama DPMD Kabupaten Timor Tengah Utara menyelenggarakan Diklat Pengelolaan Keuangan Desa Dengan Aplikasi Siskeudes bagi Para Bendahara Desa Se Kabupaten Timor Tengah Utara. Bertempat di Hotel Ariesta Kefamenanu Selama Dua hari (14-15 September 2017), diklat dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas DPMD (David Juandi). Pelaksanaan Diklat tersebut diikuti oleh Hampir semua bendahara Desa Se Kabupaten TTU (183 Desa) Dengan Biaya dibebankan kepada Desa, Per Desa Lima Ratus Ribu Rupiah Jika Utusan dari Desa Dua Orang Maka Biayanya Menjadi Satu Juta Rupiah.

Dalam pelaksanaan diklat ini materi yang disampaikan kepada peserta adalah : (1) Regulasi Keuangan Desa; (2) Perencanaan Keuangan Desa ; (3) Penganggaran, Pelaksanaan,Penatausahaan,Pelaporan dan Pertanggungjawaban Keuangan Desa; (5) Sistem Requirement Siskeudes.

Namun Sangat disayangkan Aplikasi Yang Sebenarnya sangat bermanfaat  untuk proses pegelolaan keuangaan desa tersebut tidak dirasakan.  kesan pelatihan/Diklat Tersebut hanya asal jadi.karena waktu pelatihan selama dua hari hanya sampai ke cara input penganggaran,selanjutnya tidak ada lagi tindak lanjut.

Sebab Program Ini Sudah Ada sejak beberapa Tahun Yang Lalu Namun hanya instal aplikasi dan lepas begitu saja.

Pertanyaan Kami (Desa Napan) Apakah Sudah Ada Desa Yang Membuat Laporan Menggunakan Aplikasi Siskeudes???

Semoga Ada Keseriusan Dari Semua Pihak Untuk Sukseskan dan manfaatkan aplikasi ini bagi para Bendahara Desa.

 

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan