Begini Tahap Pendaftaran Online CPNS 2017

lowongan

Mulai tanggal 1 01 Agustus 2017, masyarakat sudah bisa mendaftarkan diri mengikuti program penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk sejumlah posisi atau lowongan.

Untuk mendaftarkan, ada sejumlah tahap yang harus dilalui, dan semua proses cukup dilakukan secara online dari rumah.

“Diimbau ke calon peserta yang ingin daftar jangan tergesa-gesa lebih baik disimak dulu. Aturan mainnya dan mekanisme prosedurnya dibaca dengan seksama, kemudian persyaratannya dilengkapi, baru setelah lengkap di-entry. Karena kalau salah entry enggak sesuai mekanisme, pengalaman yang sebelumnya kegagalan daftar calon peserta sebagian besar karena kelalaian calon peserta, bukan karena faktor teknologi,” kata Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB.

Begini tahapannya:

Pertama, buka website dengan alamat https://sscn.bkn.go.id.

Kedua, pelamar diminta membuat akun sscn 2017 dengan cara melakukan pendaftaran. Untuk melakukan pendaftaran, pilih menu pendaftaran. Setelah klik menu pendaftaran, pelamar akan diarahkan untuk mengisi NIK, Nomor KK atau NIK Kepala Keluarga.

Selanjutnya, pelamar diminta mengisi alamat email aktif, pasword akun portal sscn dan pertanyaan keamanan. Sebagai bukti telah melakukan pendaftaran, pelamar diminta mencetak kartu informasi akun sscn 2017.

Ketiga, setelah memiliki akun sscn 2017, pelamar diminta untuk melakukan log in menggunakan NIK dan pasword yang telah didaftarkan.

Keempat, pelemar melengkapi biodata, lalu memilih instansi. Khusus instansi yang menggunakan aplikasi mandiri/non-sscn, pelamar akan diarahkan ke alat aplikasi pendaftaran mandiri instansi).

Berikutnya, pelamar diminta memilih jenis formasi atau lowongan sesuai instansi, selanjutnya mengunggah dokumen yang dipersyaratkan oleh instansi. Seluruh proses dilakukan secara online tanpa perlu tatap muka dengan petugas.

Bila tahapan sudah dilakukan, pelamar diminta mencetak kartu pendaftaran sscn 2017.

Kelima, data yang sudah diunggah akan diperiksa kelengkapan dan kesesuaiannya berkasnya oleh tim verifikator instansi. Tim verifikator melakukan verifikasi berkas atau dokumen yang diunggah pelamar berdasarkan syarat pendaftaran.

Keenam, pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi, diminta mencetak kartu peserta ujian CPNS 2017 untuk selanjutnya melanjutkan ke tahap seleksi kompetensi menggunakan CAT (Computer Assisted Test) BKN.

Selamat mencoba!!! (dna/wdl)

 Begini Tahap Pendaftaran Online CPNS 2017
Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan