Cegah Malaria Dan DBD Jumantik Si Pemburu Jentik Siap Beraksi Di Desa Napan

Jumantik Desa Napan
Tim Jumantik Desa Napan

jumantik

Napan
Kegiatan Sosialisai 1 Rumah 1 Jumantik Oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan Kupang Wilayah Kerja Pos LIntas Batas Napan (Jumat 17/02/2017)

Sosialisasi Program 1 rumah 1 jumantik(Juru Pemantau Jentik) Yang Diselenggarakan oleh kantor kesehatan pelabuhan kupang wilayah kerja pos lintas batas Napan Ibu Justina Siki Sebagai Pemateri Dalam Acara tersebut menyatakan tiap rumah diharapkan memiliki satu jumantik dari anggota keluarga.
Para juru pemantau jentik (jumantik) nyamuk diharapkan berkeliling kampung, memeriksa tempat sampah, kebun, dan rumah warga. Tujuan mereka hanya satu: memburu jentik nyamuk.
Di dalam rumah warga, jumantik memeriksa tempat yang berpotensi ada jentik, seperti dispenser air minum, bak mandi, pot tanaman, dan ban bekas, dengan memakai lampu senter. Begitu menemukan jentik, para kader membantu menguras dan membersihkannya agar telur nyamuk di dinding tempat penampungan air tidak ada lagi. Penghuni rumah pun diedukasi bahaya jentik terhadap penularan demam berdarah dengue (DBD).
Kegiatan Yang Berlangsung Di Hotel Livero Kefamenanu (jumat 17/02/2017) Dihadiri Oleh Beberapa utusan yaitu: Kapospol Napan,Danpos Brimob,Bea cukai, Puskesmas Napan, Kepala sekolah SDK TES,Ibu Kader Posyandu,Ketua PKK Serta Kepala Desa Napan Bersama Perangkatnya.

Semua peserta yang hadir menyepakati Untuk dilakukan Kerja Bakti pemberantasan jentik pada setiap hari jumat di setiap rumah warga dan perkantoran Dengan melibatkan semua masyarakat Desa Napan

Kegiatan tersebut juga sekaligus menyepakati rencana kerja tindak lanjut serta membentuk kordinator dan supervisor jumantik.
Menurut koordinator kader jumantik RW 06 Kelurahan Menteng, Jakarta Pusat, Mariam, jumantik bertugas menyosialisasikan bahaya DBD kepada warga. Selain itu, jumantik bertugas memeriksa jentik nyamuk di rumah warga.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan