Pelatihan Pendidikan Pengolahan Buah Asam

Tampak Pelatih Pengolahan Buah Asam Sedang Memberikan arahan kepada peserta
Pelatihan pengolahan dodol Asam
Pelatihan pengolahan dodol Asam

Desa Napan Merupakan Salah satu Wilayah Di Kabupaten Timor Tengah Utara Yang Kaya Akan Potensi Alam Salah SatuNya Yaitu Buah Asam.

Namun Karena Kurangnya Ketermpilan , Keahlian , Pengalaman Serta Keterbatasan Informasi Maka Potensi Ini Kurang Dimanfaatkan Dengan Maksimal. Biasanya Pada Saat Musim Panen Buah Asam, Masyarakat Memetik , Mengupas Dan langsung Dijual Kepada Tengkulak Dengan Kisaran Harga Rp. 4.000 Sampai Rp.6.000 Per kilo Ungkap Kepala Desa Napan Yohanis Anunu.

Kegiatan Pelatihan Dan  Pengolahan Buah Asam Yang Difasilitasi Oleh Dinas Naker Trans Kabupaten Timor Tengah Utara Di ikuti Oleh 20 orang peserta (15Wanita dan 5 pria), Berlangsung Selama Lima Hari Kerja  (10-15 Oktober 2016) Dengan Agenda Kegiatan , Pembuatan dodol Asam,  Sirup Asam,Permen Asam,dan Manisan Asam.

Dalam Acara Pembukaan  Kepala Dinas Naker Trans Kabupaten T T U Bernardinus Totnai S.sos Mengatakan ,  Buah Asam Dapat diolah Menjadi beberapa jenis makanan bahkan bisa juga untuk obat-obatan. Beliau berharap semoga dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan ekonomi rumah tangga dan bisa berkembang menjadi Home Industri Serta bisa Menjadi Produk Lokal Kebanggaan Desa Napan.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan